Agro Bisnis Di Garut

Pemerintah telah mencanangkan pada tahun 2010 merupakan awal bagi Indonesia untuk mencapai swasembada daging sapi dimana jumlah impor daging sapi akan dikurangi secara bertahap sebesar maksimal 10% dari kebutuhan daging sapi pertahun. Oleh karena itu pencanangan ini merupakan tantangan bersama bagi seluruh insan peternakan, khususnya para peternak sapi potong.

Saat ini, produksi daging sapi dalam negeri hanya mampu memasok sekitar 72% dari kebutuhan nasional, yang mana sebagian besar diusahakan oleh para peternak dengan skala kecil, sedangkan jumlah idealnya adalah 14,04 juta ekor (90% pasokan) atau setara dengan produksi daging sebesar 481 ribu ton. Jadi peluang pasar yang ada lebih dari 2,808 juta ekor atau setara dengan 96,2 ribu ton produksi daging belum dihitung dengan peningkatan kebutuhan seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk serta tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya asupan gizi yang semakin membaik.
Melihat data-data diatas serta adanya jaminan hukum dari pemerintah untuk menghalau masuknya daging sapi ilegal serta dukungan perbankan nasional, sektor peternakan sebagai subsektor pertanian bisa menjadi usaha yang sangat strategis dan dapat diandalkan untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi, menekan pengangguran, serta sumber tambahan pendapatan bagi para petani.

Tag: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: